Thursday, October 17, 2019

Habit Atau Kebiasaan yang membentuk siapa diri kita dan kesuksesan | The Power of Habit


Kebiasaan mempunyai kekuatan untuk mengontrol hidup kita. Kebiasaanlah yang membentuk siapa diri kita. Apa yang kamu lakukan hari ini baik sadar maupun tidak sadar adalah kebiasaan yang sudah kamu lakukan sehari-hari. Apa yang terjadi pada dirimu hari ini merupakan hasil dari kumpulan kumpulan kebiasaan kecil yang telah kamu lakukan setiap hari.
Jika kamu ingin menjadi orang-orang sukses dan bahagia di dunia ini. Maka kamu juga harus memulainya dengan membentuk habit orang-orang sukses dan bahagia.
Saya mempunyai sebuah cara untuk mengetahui apa-apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengubah habit buruk. Atau menambah habit yang baik. Cara ini berhasil untuk diri saya. Yang perlu kamu lakukan adalah mencatat kebiasaan kebiasaan apa saja yang telah kamu lakukan yang ada di dalam keseharianmu.
Catatlah dalam sebuah buku atau kertas. Dan bagi ke dalam dua kolom. Kolom satu adalah hal baik yang kamu lakukan hari ini. Kolom kedua adalah hal buruk yang kamu lakukan hari ini.
Kemudian perhatikan hal-hal apa saja yang telah kau lakukan hari ini. Dari hal-hal baik sampai hal-hal buruk. Kemungkinan besar hal-hal yang kamu lakukan hari ini, baik itu hal baik maupun hal buruk telah kamu lakukan sehari hari. Itulah habit. Itulah kebiasaanmu.
Lihatlah hal baik yang sudah kamu lakukan hari ini. Apa habit itu membangunmu? Apakah habit tersebut adalah jalan untuk menggapai kesuksesanmu. Jika iya terus lakukan habit tersebut, karena itu sudah menjadi bagian dari dirimu. Jika tidak maka kau tidak perlu menghilangkannya karena itu habit baik. Melainkan kamu harus tahu habit apa yang menjadi prioritas dirimu.
Di post sebelumnya saya pernah menjelaskan ada habit-habit yang menjadi key stone. Habit keystone artinya habit dasar yang benar-benar mengubah hidupmu. Ini adalah habit dasar yang wajib kamu lakukan, dan membawa perubahan yang besar bagi dirimu.
Habit yang menjadi keystone contohnya:
  1. Exercise
  2. Meditasi
  3. Membaca Buku
  4. Bersosial dan berteman
Jika kamu belum melakukan habit diatas, penulis sarankan untuk menambah kebiasaan diatas sebagai aktifitas harianmu. Karena habit tersebut membawa dampak yang besar bagi dirimu. Itu merupakan habit prioritas utamamu.
Ada beberapa macam prioritas dari habit mulai dari yang wajib kamu lakukan seperti keystone habit, habit yang mendukung tujuanmu, habit netral, dan terakhir habit yang merusak dirimu.

A. Habit Keystone
Habit keystone adalah prioritas utama yang wajib kita lakukan untuk memperoleh kehidupan yang baik. Habit ini disebut keystone karena merupakan pondasi untuk membuat habit habit positif lainnya.
Dengan melakukan exercise kamu jadi fit sehingga meningkatkan rasa percaya diri. Karena fit, kamu jadi tak ingin merusak tubuhmu dan kemudian mengikuti pola makan sehat. Karena exercise kamu jadi tertantang untuk melakukan aktifitas fisik lainnya sepeti fitnes, lari marathon, bersepeda gunung, dan melakukan sports.
Dengan Meditasi kamu menjadi aware atau sadar atas hal yang kamu lakukan. Sehingga kamu dapat membentuk habit lain dengan sadar. Dan kamu bisa menghilangkan kebiasaan buruk dengan sadar. Seperti yang telah penulis jelaskan di post sebelumnya.
Habit Keystone adalah habit yang life changing. Ia merupakan habit yang mengubah hidupmu 180 derajat jika kamu belum pernah melakukannya. Maka saya sangat menyarankan untuk membentuk kebiasaan Habit Keystone.

B. Habit yang mendukung tujuan hidupmu
Kemudian habit prioritas selanjutnya adalah adalah habit yang mendukungmu untuk menggapai tujuanmu. Misalnya ketika kamu ingin menjadi penulis. Maka kamu bisa memulai dengan membentuk kebiasaan menulis 100 kata pehari. Kemudian membentuk kebiasaan membaca tentang topik yang akan menjadi fokus bahasanmu dalam menulis. Jika kamu ingin menjadi penulis fiksi. Maka kamu harus membentuk kebiasaan membaca fiksi  mulai dari fiksi klasik hingga fiksi terkenal. Kemudian menulis dari hal kecil seperti cerpen.
C. Habit Netral
Kemudian habit berikutnya adalah habit yang netral. Itu adalah habit yang tak memberi manfaat maupun tak merugikanmu sama sekali. Kamu bisa menghilangkan habit tersebut, ataupun membiarkannya. Contoh dari habit netral adalah ketika kamu masuk kamar mandi, kamu menyalakan kran air. Ketika handphonemu berbunyi, kamu mengecek handphone. Itu adalah habit netral.

D. Habit Negatif
Habit berikutnya adalah habit yang buruk. Habit inilah habit yang harus kamu hilangkan. Habit inilah yang harus kamu ganti dengan habit positif. Habit buruk seperti merokok, pola makan tak sehat, menonton TV sepanjang hari, bermain game sepanjang hari. Adalah habit-habit yang harus kamu hilangkan.
Sepert yang sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya(link) kamu tidak bisa menghilangkan habit buruk yang sudah melekat pada dirimu. Melainkan kamu bisa menggantinya dengan habit yang baik atau habit netral. Yang mempunyai efek yang sama dengan habit lama yang buruk.
Kesimpulan
Jika kamu telah tahu habit-habit apa saja yang telah kamu lakukan dalam hidup ini. Maka saatnya dirimu untuk memaksimalkan habit-habit baik. Terutama habit keystone dan habit yang mendukung tujuanmu. Kemudian meminimalisir dan mengganti habit yang buruk dengan habit yang baik atau netral. Dengan melakukan langkah tersebut kamu bisa mengontrol hidupmu untuk melejitkan potensi dirimu untuk menjadi orang yang hebat, bahagia, dan sukses. Kamu bisa meraih apa yang kamu cita-citakan dengan prinsip habit.
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: