Monday, November 5, 2018

Warga Desa Rejing Melakukan sholat Istisqo Berjamaah dan Selamatan atau Tasyakuran di Sumur TUA



Kamis 01 Nopember 2018 warga desa Rejing khususnya dusun kramat melakukan sholat Istisqo berjamaah untuk meminta hujan, shalat Istisqo merupakan sunnah yang diajarkan oleh Syariat Islam yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw untuk memohon hujan kepada Allah Swt agar diturunkan hujan pada saat musim kemarau yang berkepanjangan.

Warga desa Rejing khususnya dusun kramat juga melakukan selamatan atau tasyakuran setelah melakukan shalat Istisqo mereka berbondong-bondong datangi SUMUR TUA yang letaknya di tengah sungai musiman Bahasa latinnya adalah CORA. 

Sumur TUA tersebut juga diyakini warga sekitar dapat menurunkan Hujan dikala kemarau panjang melanda dengan melakukan Doa bersama dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah (makan bersama) alakadarnya konsumsi yang sudah dibawa oleh  warga masing-masing. 

Pernah Dua tahun yang silam warga kramat reejing melakukan shalat Istiqo dan Doa berjamaah kemudian berselang waktu pelaksanaan hujan langsung turun mengguyur basahi mereka yang melakukan shalat dan doa bersama tersebut.

Sumur TUA tersebut dulu menjadi satu satunya sumber mata air dari warga desa rejing dan sekitarnya, bahkan dari desa liprak dan Tegal watu juga mengambil air dari sumur tersebut untuk kebutuhan sehari-hari. 

Namun sekarang sudah tidak lagi di fungsikan sebagai mana mestinya bahkan sumur tersebut sudah tertimbun rapat dengan pasir. 

Dan pada musim kemarau pada saat ini sumur tua tersebut digali dan difungsikan kembali karena banyak sumur warga yang kering dan sumur tua tersebut menjadi alternatif sumber mata air warga rejing kec. tiris kab. Probolinggo.

Harapan warga rejing semoga Allah SWT mengijabah dan menurunkan hujan agar tidak terjadi kekeringan yang akan menimbulkan banyak tanaman yang kering dan mati.
Previous Post
Next Post
Related Posts

1 comment: