Monday, August 6, 2018

Cara dan Resep Makanan Sehat Sederhana dan Mudah yg Pastinya Enak Banget




Kita dapat masak masakan yang berasa lezat tapi tetap sehat di tubuh, khususnya masakan Indonesia. Resep-resep berikut juga cocok untuk segala kalangan.  Bila Anda penasaran, simak ulasan yang berikut ini.




Begitu mendengar kata “sayuran”, beberapa orang pasti langsung mengernyitkan alis. Terbayang sudah betapa tidak enaknya rasa makanan itu di benaknya. Belum lagi cara memasak yang membosankan.

Sayuran selalu identik dengan kaum vegetarian atau mereka yang “rela menjauh dari kesenangan”. Bersyukurlah kita hidup di negara kaya cita rasa. Jadi, masak masakan dari daun pun bisa jadi nikmat.

Cara dan Resep Makanan Sehat Sederhana dan Mudah yg Pastinya Enak Banget

1. Gado-Gado

Semua orang Indonesia pasti tahu dong akan resep masakan nusantara yang cara pembuatannya mudah ini. Tapi tahukah anda dari mana asal masakan Indonesia kaya nutrisi ini? Gado-gado berasal dari Jakarta.

Kalau Anda hanya tahu resep masakan nusantara dari DKI itu kerak telor, segera update kamus masakan Anda. Makanan dari sayuran ini konon ceritanya berasal dari DKI Jakarta tahun 1980-an.

Kata “gado-gado’ diambil dari kata “digado” yang berarti dimakan tanpa nasi. Itulah mengapa, Gado-gado dimakan dengan lontong, tidak dengan nasi. Sekarang, resep masakan Indonesia tradisional ini sudah menjadi selera nasional.

Lalu bagaimana cara membuat gado-gado?

Bahan-Bahan:

Sayuran.
Kentang 500 gram potong kecil-kecil lalu di rebus.
Ketimun 1 batang kupas tipis.
Tauge 200 gram lalu direbus.
Telur ayam rebus.
Kacang panjang, potong sepanjang 2 cm.
Tomat 1 buah, iris menjadi 5 bagian.
Daun Selada, cuci berish dan simpan sejenak di dalam lemari es.

Bumbu Saus:

Kacang tanah sebanyak 300 gram. Bersihkan kulitnya lalu kacang digoreng.
Cabai merah 4 buah.
Bawang putih 6 siung.
Kencur sekitar 6 cm.
Terasi secukupnya.
Asam Jawa secukupnya.
Garam 1 sdm.
Daun jeruk.
Gula merah sebanyak 3 sdm.
Cara Memasak:

Pertama-tama haluskan kacang tanah, bawang putih, terasi, daun jeruk, dan gula merah. Tambahkan air agar tidak terasa terlalu kental. Anda bisa menambahkan jumlah cabai bila suka masakan pedas.
Di piring terpisah, Anda bisa menyiapkan sayuran untuk dimakan bersama gado-gado.
Setelah siap, siramkan saus tadi ke atas sayuran dan tambahkan kerupuk sebagai pelengkapannya.
Setiap daerah berbeda penyajian. Di daerah Jawa Barat, beberapa menambahkan tahu dan tempe dalam resep masakan. Namun di daerah Jawa Tengah, mereka lebih suka memakai kerupuk.

Kandungan Gizi

Bagi yang tidak suka sayur, resep masakan Indonesia yang ini cocok sekali untuk dijadikan “penolong”. Rasa sayuran yang dianggap aneh, pasti akan tertutupi dengan lezatnya sambal kacang yang gurih.

Pelaku program diet pun akan “istirahat” sejenak dari mengkonsumsi bahan-bahan tawar nan menjemukan. Ternyata selain enak, resep masakan nusantara ini gizinya banyak dan baik untuk organ-organ tubuh.

Sekali makan gado-gado, paling tidak Anda akan menyantap minimal 3 sayuran. Kentang mengandung anti inflamasi dan telur berperan untuk proses regenerasi. Jangan lupakan tauge untuk kesuburan.

Belum lagi bumbu-bumbunya yang kaya akan vitamin C seperti tomat dan cabe merah. Kolagen di tubuh Anda akan langsung meningkat dan kulit pun elastis. Jadi tak perlu ke salon kan?

Makanan ini baik sekali untuk dimakan ibu hamil. Banyak bahan-bahan segar yang kaya akan nutrisi.

Baca juga: 10 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil agar Janin Tumbuh Optimal

2. Sop Tomat khas Jawa Timur

Bila Anda suka masak masakan Indonesia, janganlah lupa satu dari beragam aneka resep masakan Jawa dari bagian timur ini. Makanan ini disebut Sop Tomat khas Jawa Timur.

Selain enak, cara membuatnya pun cukup mudah.

Bahan-Bahan:

Tomat sebanyak 4 buah. Setelah direbus, bersihkan kulit dan bijinya lalu dihaluskan.
Wortel 1 buah, potong kecil-kecil.
Bawang merah sebanyak 5 siung.
Ayam tanpa tulang, potong dadu kecil-kecil.
Buncis 80 gram, potong kira-kira sepanjang 1-2 cm.
Minyak goreng.
Garam 1 sendok makan.
Gula pasir 1 sendok teh.
Merica bubuk secukupnya.
Kecap manis 1 sendok makan.
Saus tomat 85 gram.
Air kaldu ayam 1850 milliliter.
Cara Membuat:

Panaskan minyak setelah itu tumis bawang merah.
Setelah berbau harum, masukan kaldu ayam dan tunggu sampai mendidih
Masukan bumbu-bumbu seperti merica, garam, gula pasir, kecap manis, saos tomat, dan kecap. Aduk-aduk sampai mendidih.
Yang terakhir, masukan buncis, wortel, dan ayam. Aduk sebentar sampai semua tercampur lalu biarkan sampai mendidih.
Sop tomat pun siap disantap.
Kandungan Gizi

Resep masakan nusantara ini menunjukan bahwa tomat tak cuma bisa jadi pelengkap saja. Dengan bumbu yang ringan dan praktis, ia bisa menjadi masakan yang lezat dan bergizi.

Kandungan vitamin A yang terkandung pada tomat, sangat baik untuk kesehatan mata dan tulang dan gigi Anda. Dengan rajin menyantap aneka resep masakan yang mengandung tomat, resiko penyakit degeneratif berkurang.

Lycopene dalam tomat pun siap menjadikan kulit Anda cantik dan putih secara alami. Tak hanya itu, jangan lupakan keberadaan si buncis dalam sop ini. Ternyata si buncis ini mengandung Beta karoten lebih hebat dari wortel.

Karena Beta karoten di dalam bahan resep masakan Indonesia ini berpadu dengan klorofil dan mineral. Buncis sangat baik untuk menangkal penyakit jantung dan peradangan dalam tubuh.

Namun kita juga harus memperhatikan waktu memasak. Untuk urusan masak masakan olahan sayur, lama perebusan akan memnpengaruhi nutrisi di dalamnya.

Tak hanya itu, resep masakan nusantara ini juga anti oksidan yang tinggi. Penangkal tersebut sangat diperlukan di jaman serba berpolusi ini. Paling tidak, Anda bisa selangkah lebih jauh dari penyakit kanker.

3. Jamur Crispy

Bila Anda tengah bosan dengan cemilan kentang goreng, coba Anda tengok di sekitar rumah Anda. Siapa tahu ada jamur yang bisa Anda buat resep masakan nusantara yang mudah, praktis, dan enak di rumah.

Jamur Crispy menjadi pilihan jitu untuk cemilan yang gurih, tapi sehat. Membuatnya masakan ini tidaklah susah. Waktu yang diperlukan pun tidak terlalu lama, seperti yang berikut ini.

Bahan-bahan:

Jamur tiram 500 gram, diiris tipis-tipis.
Tepung Crispy.
Tepung Maizena
Garam secukupnya.
Bawang putih 3 siung.
Gula pasir.
Lada bubuk.
Minyak goreng.
Cara Membuat:

Cuci jamur sampai bersih. Campur garam, bawang putih,gula pasir dan lada bubuk jadi satu.
Campur tepung maizena dengan air dingin. Masukan bumbu-bumbu masakan tadi. Lalu balurkan pada jamur.
Setelah itu, lapisi jamur dengan tepung Crispy dan jamur siap digoreng. Resep masakan nusantara ini pun siap dihidangkan
Kandungan Gizi

Masak masakan Indonesia yang berkuah mungkin membuat Anda bosan. Cemilan Jamur ini selain bisa menghilangkan rasa bosan Anda, kandungan nutrisinya juga menakjubkan.

Jamur tiram mengandung zat besi yang sangat baik untuk menambah jumlah sel darah merah. Makanan ringan ini bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh karena ada Vitamin C di dalam.

Menurut penelitian Dirjen Hortikultura Dept Pertanian, protein dalam jamur lebih besar dari asparagus. Terbayang kan bagaimana resep masakan Indonesia ini bisa membantu sel regenerasi tubuh Anda.

Tak seperti resep masakan Indonesia lain yang agak rumit, olahan jamur ini sangat praktis untuk dibuat. Jadi makan sayur pun bisa dibuat bahagia juga kan?

Sebelum Masak Sayuran, Ingat Beberapa Hal ini

Konon, memakan sayuran adalah cara termudah untuk menjadi sehat. Namun tahukah Anda, bahwa memakan sayuran dengan cara yang kurang tepat malah bisa menurunkan kesehatan Anda?

Nah, sebelum membuat resep masakan sayur di atas, alangkah baiknya bila Anda perhatikan beberapa hal, seperti cara memasak. Beberapa jenis sayuran akan lebih bergizi bila dimasak terlebih dahulu, contohnya tomat.

Jadi, apabila Anda penggemar raw food, sebaiknya cek kembali referensi Anda tersebut. Untuk menentukan, sayuran apa yang seharusnya dimakan mentah dan yang dimasak.

Lalu apabila sayuran Anda terlihat layu dan loyo, Anda bisa menyegarkannya kembali. Caranya dengan memasukan sayuran ke air dingin selama 3 menit. Lalu biarkan mengering.

Tak cuma warnanya yang bis menjadi cerah, rasanya juga renyah.

Resep Masakan Indonesia Olahan Tempe

Orang Indonesia pasti akrab sekali dengan tempe. Olahan dari kedelai ini memang pilihan terbaik untuk masak masakan Indonesia yang kaya akan bumbu. Resep sederhana pun bisa terasa istimewa seperti berikut.

1. Penyet Tempe

Kalau sedang bosan memasak aneka resep masakan Western, coba deh makanan asli Indonesia ini. Sajian sederhana, praktis namun nikmatnya luar biasa. Ia adalah penyet tempe.

Bahan-bahan:

Bawang putih 5 siung.
Cabe merah 5 buah.
Tempe.
Gula dan garam.
Cara Membuat:

Iris tipis-tipis tempe dan goreng setengah matang. Tiriskan sejenak.
Goreng bawang dan cabai sampai halus. Apabila suka, bisa ditambahkan terasi kedalamnya.
Untuk membuat sambal, campur bawang dan cabe tadi dengan gula dan garam. Resep masakan Indonesia ini bersifat relatif. Artinya, Anda bisa mengatur pedas dan gurihnya sesuai selera.
Sajikan dengan nasi putih yang masih hangat.

Kandungan Gizi

Aneka resep masakan Indonesia memang tiada matinya. Rasa berpadu sempurna dengan kandungan gizi. Termasuk pada sajian olahan tempe yang satu ini.

Tempe kaya akan protein nabati yang sangat baik untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Ia juga mengandung anti oksidan sehingga bisa managkal radikal bebas dari polusi.

Resep masakan nusantara ini sangat cocok untuk menu diet Anda. Karena, tempe kaya akan serat yang sangat baik untuk kesehatan usus. Bila metabolisme baik, lemak jahat akan sulit bersarang dalam tubuh.

2. Orek Tempe

Tempe sangat mudah diaplikasikan dalam banyak resep masakan nusantara. Salah satu yang mudah dibuat sekaligus enak adalah Orek Tempe. Bagaimana cara masak masakan sederhana tapi lezat ini?

Bahan-bahan:

Tempe 500 gram. Potong kecil-kecil berbentuk dadu.
Lengkuas 2 siung, kupas kulitnya.
Daun salam 1 lembar
Kecap manis
Gula, garam, minyak
Penyedap rasa.

Cara Membuat:

Tumis bawang putih dengan minyak sampai berbau harum. Setelah itu, masukan daun salam dan lengkuas lalu tumis kembali sampai berubah warna.
Setelah matang, masukan tempe, gula, garam, penyedap rasa, dan kecap. Tumis hingga tercampur merata.
Tambahkan air secukupnya lalu tunggu sampai matang. Masakan Indonesia yang lezat ini pun siap dihidangkan.
Kandungan gizi

Bila Anda berpikir bahwa masakan Nusantara yang enak itu “jahat”, coba makanlah orek tempe ini. Banyak manfaat baik menunggu Anda. Kita tahu bahwa tempe masuk dalam Polysaturated fat alias lemak tak jenuh.

Kandungan tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Ia juga bisa menurunkan gejala hypertensi dan penyakit jantung. Berikutnya, manfaat datang dari lengkuas.

Bahan yang sering ada di aneka resep masakan nusantara ini mengandung Alpanina Galanga. Ia berfungsi menstimulasi nafsu makan. Sangat cocok untuk anak-anak yang susah makan.

3. Sate Tempe Pedas Manis

Tidak ada yang tidak mungkin dengan tempe. Anda bisa masak masakan apapun dengan bahan ini. Kalau bosan dengan sate ayam, coba cicipi dulu sate tempe pedas manis yang lezat ini.

Bahan-Bahan:

Tempe 400 gram. Potong dadu.
Santan 800 ml.
Ketumbar.
Daun jeruk 2 lembar.
Penyedap rasa.
Gula dan garam sekupnya.

Bumbu-bumbu:

Cabe merah 9 buah.
Bawang merah 7 siung.
Bawang putih 4 siung.
Kunyit sebanyak 2 cm
Ketumbar.

Cara Membuatnya:

Tumis semua bahan untuk bumbu resep masakan Indonesia ini ke dalam minyak panas. Tambahkan ketumbar dan daun jeruk sampai beraroma harum.
Masukkan tempe yang sudah dipotong dadu, lalu aduk sebentar. Sambil terus diaduk, masukan juga santan.
Aduk bahan agar santan tidak menggumpal. Tambahkan penyedap, garam, dan gula secukupnya. Setelah itu biarkan sampai airnya habis.
Setelah matang, tusuk tempe tersebut dan tempe pun siap untuk dibakar.
Kandungan Gizi

Sebagai sumber vitamin, tempe mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Ia bisa menangkal berbagai macam penyakit karena memiliki kadar Riboflavin yang tinggi. Tempe ternyata juga mampu mencegah Anemia.

Bawang putih dalam resep masakan Indonesia ini juga berguna. Bahan ini mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam darah. Bawang merah memiliki kadar flavanoid yang tinggi yang baik untuk anti inflamasi.

Bawang merah mengandung senyawa Quercerin. Selain bisa menghilangkan jerawat, bahan ini juga bisa menyembuhkan flu.

Aneka Resep Masakan Nusantara Olahan Hasil Laut

Pernahkah Anda bingung ketika harus masak masakan Indonesia dari hasil laut? resep masakan ikan goreng sering menjadi referensi, tapi itu pasti sangat menoton. Ide-ide bagus berikut mungkin bisa menolong Anda.

1. Kerang Tepung Crispy

Kerang ternyata tak cuma untuk dijadikan masakan kuah lo. Ia juga bisa jadi resep masakan praktis namun tetap sehat di rumah. Cara masak masakan Indonesia ini juga sangat mudah, seperti yang berikut ini.

Bahan-Bahan:

Kerang.
Tepung maizena.
Tepung Crispy.
Telur.
Lada Bubuk.
Gula, garam dan penyedap rasa.
Cara membuat:

Cuci kerang terlebih dahulu dengan air garam/air lemon. Diamkan sebentar lalu bilas dengan air. Apabila Anda akan masak masakan dari hasil laut, cara ini dapat menghilangkan bau amis.
Campurkan tepung maizena dengan gula, garam, penyedap rasa dan lada bubuk. Tambahkan air dingin dan masukan kerang ke dalamnya.
Setelah terbalut sempurna, angkat kerang. Balurkan dengan tepung Crispy kering sampai merata, kerang pun siap digoreng.
Kandungan Gizi

Kerang mengandung banyak zat baik untuk tubuh. Hasil laut yang sering terdapat di aneka resep masakan Indonesia ini memang kaya akan berbagai zat baik seperti Zync.

Zync sangat baik untuk menutup luka. Ia juga bertugas sebagai penangkal kuman dan mikroba yang bisa mengganggu kesehatan tubuh. Tak heran bila sistem imun tubuh pun bisa meningkat berkatnya.

Untuk anak-anak, mineral ini sangat baik untuk masa pertumbuhan. Tak heran bila kita sering menemukan mineral Zync di komposisi susu pertumbuhan. Selain zync, kerang juga mengandung zat besi.

Bila memiliki Anemia, masak masakan Indonesia ini sangat baik untuk meningkatkan sel darah merah Anda. Stamina tubuh akan lebih meningkat dan konsentrasi Anda pun bisa jauh lebih baik.

2. Teri Bumbu Balado

Ikan teri sering dianggap kurang layak disandingkan ikan-ikan laut seperti kepiting atau cumi-cumi. Padahal, aneka resep masakan nusantara dari ikan teri rasanya membuat ketagihan, seperti yang satu ini.

Bahan-Bahan:

Ikan teri 400 gram.
Bawang putih 3 siung.
Bawang merah 5 siung.
Cabai merah sesuai selera.
Asam jawa.
Daun salam 1 lembar
Gula, garam dan penyedap rasa.
Lengkuas, pipihkan.
Cara membuat:

Tumis ikan teri dalam minyak panas. Bila warnaya sudah berubah kemerahan, segera angkat lalu tiriskan sejenak.
Untuk bumbu balado, haluskan bawang merah, bawang putih, gula, cabai dan garam.
Tumis bumbu tersebut sampai berbau harum. Setelah itu, masukan daun salam, lengkuas dan asam Jawa. Tunggu sampai airnya habis dan bumbu mengental.
Setelah mengental, masukan ikan teri tadi dan aduk sampai semua bagian ikan merata. Teri bumbu balado siap dihidangkan. Resep masakan nusantara yang praktis bukan?
Kandungan Gizi

Walaupun kecil, tapi jangan remehkan nutrisi dari ikan teri ini. Ia mengandung berbagai macam zat penting seperti protein, kalsium, fosfor, Vitamin A, B dan C. Protein sangat baik untuk regenerasi kulit.

Orang-orang yang ingin menghilangkan bekas jerawat mungkin bisa masak masakan mengandung ikan teri. Tulang manusia pasti akan sangat berterima kasih pada kalsium dari teri. Karena ia bisa menguatkan tulang.

Vitamin A pada teri sangat baik untuk mata yang lelah atau rabun jauh. Vitamin ini juga bagus untuk menguatkan jaringan kulit agar tidak mudah berjerawat.

3. Sate Ikan Tengiri

Kalau Anda malas makan ikan laut karena durinya, coba yang satu ini. Resep masakan Indonesia ini bisa membuat Anda merasakan nikmatnya ikan, tanpa harus takut dengan durinya.

Bahan-bahan:

Ikan tengiri fillet, 500 gram atau sesuai selera.
Margarin atau minyak.
Bawang merah 4 siung.
Bawang putih 5 siung.
Kemiri.
Jintan 1/2 sendok makan.
Jahe 2 cm.
Kunyit 3 cm.
Merica bubuk.

Cara Membuat:

Potong ikan tengiri kecil-kecil sesuai selera lalu tusuk-tusuk seperti sate.
Tumbuk jadi satu bawang merah, bawang putih, jintan, jahe, kunyit, kemiri, dan merica. Kalau sudah tercampur, beri margarin atau minyak goreng sedikit saja.
Siapkan frying pan atau tempat memanggang barbekyu bila ada. Jangan lupa untuk diolesi margarin. Bakar sate diatasnya sambil diolesi bumbu-bumbu tadi.
Sate ikan tengiri siap dihidangkan dengan anek resep masakan kesukaan Anda yang lain.

Kandungan Gizi

Seperti jenis ikan lainnya, ikan tenggiri memiliki banyak sekali kebaikan. Ikan yang dalam bahasa Inggris disebut Mackerel fish ini mengandung omega 3 yang sangat tinggi.

Itu sebabnya orang Jepang suka sekali makan ikan ini. Negara ini terkenal akan kecerdasan otak warganya. Tak hanya itu, aneka resep masakan yang mengandung tenggiri juga membantu meningkatkan Selenium tubuh.

Selenium sangat baik untuk kekuatan sistem imun tubuh dan kesuburan. Bagi pasangan yang ingin memilki keturunan, maka rajin-rajinlah untuk menyantap ikan tenggiri ini. Siapa tahu, keinginan Anda akan terwujud.

Aneka resep masakan Indonesia yang mengandung tenggiri juga bisa menangkal kanker. Zat ini dapat memperbaiki tubuh dan sel-sel yang bekerja “tak seharusnya”.

4. Perkedel Ikan Tuna

Masak masakan hasil laut bisa menjenuhkan kalau resepnya itu-itu saja. Oleh karena itu, variasikan dengan cara memasak yang lain, seperti sajian berikut ini.

Bahan-bahan:

Ikan Tuna fillet 500 gram, haluskan.
Kentang 5 buah. Kupas kulitnya dan goreng setengah matang lalu haluskan.
Bawang merah 5 siung.
Bawang putih 5 siung.
Telur 2 butir.
Garam dan merica secukupnya.
Merica dan penyedap rasa.

Cara Membuat:

Tumis bawang merah dan bawang putih setengah matang.
Haluskan bawang putih, bawang merah, garam dan lada/merica.
Campurkan kentang yang sudah dihaluskan dengan ikan tuna halus. Setelah itu masukan bumbu. Tambahan telur agar adonan tidak hancur.
Goreng dengan minyak panas. Apabila sudah berwarna kemerahan, angkat dan tiriskan.
Kandungan Gizi

Aneka resep masakan Indonesia yang mengandung tuna ternyata sangat baik untuk kesehatan. Ikan tuna terkenal sebagai anti oksidan yang baik bagi tubuh. Ia bisa melindungi sel dari kerusakan.

Di tengah jaman dimana susah menemukan udara bersih, manfaat anti oksidan sangat penting. Zat ini dapat menurunkan resiko terkena penyakit degenaratif dan penuaan dini. Keriput pun menjadi menghilang.

Tak hanya sel, otak pun ikut terbantu jika Anda masak masakan Indonesia dari ikan tuna. Kadar Omega 3 yang tinggi dipadu dengan EPA dan DHA, akan menutrisi otak. Asupan yang baik bagi Anak-anak dan dewasa.

Mudahnya Masak Masakan

Ternyata, tak sulit ya untuk mendapat sajian yang sehat dan enak. Sudah tak perlu lagi ada perasaan sedih akibat tak bisa menikmati makanan. Bahan yang didapat pun tergolong mudah dan murah.

Selain praktis, aneka resep masakan nusantara yang disajikan di atas sangat sehat. Namun, jangan mengandalkan makanan saja, gaya hidup sehat juga perlu.

Tubuh juga perlu dilatih dengan olahraga yang teratur. Istirahat yang cukup dan positif thinking akan membuat tubuh lebih baik. Langkah sederhana yang bisa dimulai dari sekarang.


Previous Post
Next Post
Related Posts

2 comments:

  1. Berita Bola


    Dapatkan Berita Teraktual Dan Terupdate Seputar Dunia Sepakbola Hanya di www.beritabola6.com

    Yang Mencakup :
    -Berita Sepakbola Indonesia hingga Mancanegara
    -Live Skor
    -Live Streaming
    -Bursa Taruhan Sepakbola
    -Jadwal Pertandingan
    -Klasemen

    Untuk Info Lebih Lanjut Silakan Kunjungi Website kami di www.beritabola6.com

    ReplyDelete
  2. Berita Bola


    Dapatkan Berita Teraktual Dan Terupdate Seputar Dunia Sepakbola Hanya di www.beritabola6.com

    Yang Mencakup :
    -Berita Sepakbola Indonesia hingga Mancanegara
    -Live Skor
    -Live Streaming
    -Bursa Taruhan Sepakbola
    -Jadwal Pertandingan
    -Klasemen

    Untuk Info Lebih Lanjut Silakan Kunjungi Website kami di www.beritabola6.com

    ReplyDelete