Thursday, June 7, 2018

Membangun Kompetensi Pribadi Dan Kompetensi Sosial Di Era Industri 4.0



Era industri 4.0 dimana semua terhubung secara otomatisasi dalam dunia kerja, ada banyak yang mengalami pergeseran penggunaan tenaga kerja dari manusia digantikan dengan mesin ada juga lapangan baru yang dari mesin membutuhkan tenaga manusia sebagai kontroler semuanya saling terhubung dan saling berkaitan.
Dalam dunia kerja seseorang harus mempunyai dua kompetensi, kompetensi pribadi dan kompetensi sosial keduanya sangat diperlukan dan saling berkaitan meskipun ada yang menggunaka tenaga mesin namun tenaga manusia masih diperlukan untuk mengendalikan sebuah mesin.
Agar kita bisa bersaing di era industri 4.0 yang serba otomatisasi maka du kompetensi pribadi dan sosial harus ditanam sejak dini agar di dalam dunia kerja kita bisa sukses dan meningkatkan karier sehingga kita berkompetensi menjadi yang terbaik.
Berikut ini akan dipaparkan tentang kompetensi pribadi dan kompetensi sosial secara detail dan terperinci agar mudah dipahami dan dapat dijadikan acuan di dalam dunia kerja. 

Kompetensi Pribadi

Memiliki integritas dan Akhlak
Akhlak merupakan karakter utama di dalam kehidupan yang selalu dipakai baik dalam kehidupan keseharian kita maupun di dalam dunia kerja, orang yang mempunyai akhlak yang baik dia akan mudah diterima dalam masyarakat maupun di dalam dunia kerja bahkan dunia saat ini telah mengakui kalau karakter Akhak yang baik dan integritas yang tinggi menjadi komponen utama yang harus dimiliki seseorang.

Memiliki etos kerja
Seseorang akan sukses jika mempunyai etos kerja yang baik dan mempunyai trek record yang selalu meningkat dari hari ke hari, dari bulan ke bulan dari tahun ke tahun menunjukkan statistik yang selalu meningkat dan stabil.
Mengendalikan diri
Dalam kehidupan sehari hari orang yang bisa mengendalikan dirinya dia akan mempu mengontrol kepribadiannya, sehingga dia tidak mudah marah dan tidak mudah emosi dan mampu menempatkan dirinya dan tidak mudah terpancing oleh orang lain.
Memiliki fleksibilitas
Penting bagi kita agar memiliki sifat yang fleksibel mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar bahkan dalam pekerjaan yang baru dia mampu beradaptasi dan mudah menyesuaikan dirinya sehingga dia mudah diterima oleh rekan-rekan kerjanya.
Memiliki ketelitian
Ketika kita berada dalam dunia kerja maka kita harus mempunyai ketelitian yang tinggi agar setiap pengambilan keputusan dan penyelesaian mencapai target yang sesuai yang sudah diinginkan karena kalau tidak teliti maka akan berdampak kepada kita sendiri dan dunia kerja untuk mengurangi resiko kesalahan.
Memiliki kedisiplinan
Memiliki kedisiplinan harus dimiliki setiap orang datang tepat waktu disiplin dalam bekerja tidak neko-neko dan pulang tepat waktu.
Kreatif dan Inofatif
Kita harus kreatif dalam bekerja dan mampu menciptkan gagasan dan ide yang baru sehingga kita dapat berkembang dan mampu mengembangkan tempat kerja kita agar lebih maju
Memiliki tanggungjawab
Setiap orang harus bertanggung jawab penuh terhadap apa yang menjadi tugasnya dan bertanggung jawab terhadap suatu pekerjaannya secara tuntas dan sampai selesai.

Kompetensi Soaial

- Bekerjasama dengan tim
Mampu bekerja secara individu dan bekerja sama dengan tim, seseorang harus mempunyai skil dan kinerja yang baik dan mampu menyelesaikan pekerjaan baik secara individu dan bekerja dengan tim
- Memberikan layanan prima
Kita harus memberikan pelayanan prima memberikan pelayanan yang sebaik baiknya selalu tebarkan senyum dan mengutamakan kenyamanan klien.
- Memiliki kesadaran organisasi
Setiap individu yang baik harus berorganisasi karena dalam organisasi kita dapat mengasah kemampuan kita dalam berbicara di depan umum dan mampu menyampaikan pendapat dan memberikan masukan yang baik.
- Berkomunikasi efektif
Berkomunikasi secara efektif wajib dilakukan agar tidak terjadi kesalah fahaman, diskomunikasi dan hal hal yang tidak diinginkan, dengan komunikasi yang efektif diharapkan ada koordinasi antara atasan dan bawahan serta dalam tim rekan kerja.
- Membangun hubungan kerja
Kita harus membangun relasi dan hubungan kerja antar instansi dan antar tim agar terjalin hubungan yang baik dan solid.

Itulah yang harus dimiliki oleh setiap individu dan mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari hari baik dalam masyarakat dan dunia kerja.

Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: