Tuesday, May 15, 2018

Proyeksi Pendidikan Abad 21 | 3 Komponen Yang Harus Dipersiapkan Apa Saja ?


Proyeksi Pendidikan Pada Abad ke 21 kita harus merubah mindset kita, jika pada waktu kita kecil orang tua kita bertanya mau jadi apa setelah besar ? pertanyaan ini sudah tidak cocok di abad ke 21, pertanyaan yang sesuai pada abad ke 21 ini adalah " Mau membuat apa setelah besar ? ".

Kalau sekarang kita diberikan pertanyaan ketika kita belajar sesuai kisi kisi mata pelajaran namun dimasa yang akan datang kita akan diberi kertas kosong tanpa pertanyaan untuk menjawabnya.

3 Komponen yang harus dipersiapkan dalam menyongsong pendidikan abad ke 21 :

1. Karakter (Akhlak)

Karakter (Akhlak) ini sudah diakui dunia bukan hanya di indonesia, karena akhlak inilah yang menjadi komponen utama dari dulu sampai sekarang. Karakter (Akhlak) di bagi menjadi dua :
  • Karakter Moral, Karakter moral menyangkut keimanan dan ketaqwaan, jujur serta disiplin, ini dikenal dengan pembelajaran ESQ
  • Karakter Kinerja, Karakter kinerja menyangkut semangat, tangguh dan tidak mudah menyerah, ketika gagal bangkit lagi, sampai berhasil

2. Kompetensi

Kompetensi juga sangat penting dalam proyeksi pendidikan abad ke 21, kompetensi ini dibagi dalam 4K :
  • Kritis, berfikir secara kritis, masyarakat modern seperti di kota-kota besar cara berfikirnya sudah mulai kritis mereka mengungkapkan apa yang seharusnya dilakukan tidak hanya diam tapi juga memberikan pendapat dan masukan berpartisipasi secara aktif
  • Kreatif, kita harus berfikir secara kreatif menciptakan ide dan gagasan yang baru, kita harus bisa menciptakan hal yang baru agar kita tidak menjadi bangsa yang konsumtif namun bisa memberikan kontribusi kepada negara ini.
  • Komunikatif, kita harus komunikatif kepada siapapun baik di masyarakat maupun dalam pekerjaan dan pemerintahan agar terjalin kerjasama yang harmonis antar sesama.
  • Kolaboratif, kita harus bisa bekerja baik secara individu maupun dalam kelompok, kita harus bisa bekerjasama dalam tim.

3. Literasi (Keterbukaan)

Kita harus terbuka terhadap perubahan agar bisa beradaptasi mengikuti perkembangan zaman, minimal 5 literasi yang harus dipersiapkan :
  • Literasi Baca, masyarakat Indonesia mempunyai minat baca yang tinggi namun daya bacanya sangat rendah, implikasinya ketika baca Sosial Media bisa bertahan berjam-jam namun ketika baca buku yang cukup tebal maka di skip/next tidak sampai tuntas dalam membaca, maka perlu dibudayakan membaca agar wawasan kita terbuka.
  • Literasi Teknologi, agar kita tidak gaptep maka kita harus melek teknologi agar tidak ketinggalan zaman, kedepan tenaga kerja manusia akan digantikan oleh tenaga mesin. Contohnya ketika kita akan menyetor uang ke bank kita tidak perlu ke teller cukup menggunakan mesin ATM setor tunai.
  • Literasi Budaya, kebudayaan di indonesia perlu dilestarikan dan dikembangkan agar tidak terkikis oleh budaya barat yang cenderung glamor dan merusak moral.
  • Literasi Keuangan, manajemen keuangan sangat penting agar kita bisa mengelola dan memanajemen agar tidak kolaps menjaga stabilitas keungan baik pemerintah maupun swasta.
  • Literasi Ekonomi, agar ekonomi kita tidak terjajah oleh asing maka kita perlu mengembangkan perekonomian kita dengan memperbanyak usaha mikro meningkatkan ekspor.
Itulah tiga komponen yang harus dipersiapkan dalam menyongsong pendidikan abad ke 21, apa yang kita lakukan hari ini akan berdampak 5, 10, 20 tahun yang akan datang.


Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: