Tuesday, March 6, 2018

Pulau Bokori Spot Wisata Honey Moon di Sulawesi Tenggara (Sultra)

Pulau Bokori Spot Wisata Honey Moon di Sulawesi Tenggara (Sultra)


Pulau Bokori terletak di Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan pulau yang masih alami, bersih, jernih dan air laut yang kebiruan karena terletak di tengah laut, Sultra menyimpan begitu banyak wisata alam yang tidak kalah dibandingkan dengan  daerah lainnya di Nusantara Indonesia. Khusus wisata bahari, Sulawesi tenggara juga menjadi salah satu surga dunia yang menyimpan begitu banyak spot-spot  menarik. Salah satunya adalah Pulau Bokori.

Pulau ini terletak di tengah lautan yang sangat luas. Karena dikelilingi oleh lautan, berlibur atau berwisata di sini akan memberikan ketenangan  tersendiri, sebab jauh dari kebisingan dan hiruk pikuk. Sesekali  hanya suara riak-riak ombak kecil dan deru mesin kapal nelayan  yang terdengar dari kejauhan seolah menjadi alunan musik alam yang menentramkan.
Secara administratif, Pulau Bokori berada di wilayah Kabupaten Konawe. Pulau ini berhadapan langsung dengan perkampungan Suku Bajo yang mendiami wilayah itu. Pulau Bokori merupakan pulau kecil di depan tanjung Soropia Kecamatan Soropia, Sulawesi Tenggara. Pulau yang dulunya di diami oleh orang-orang suku bajo ini, kini kembali menjadi pusat perhatian, diumpamakan gadis cantik, ini merupakan gadis desa yang kembali di poles agar cantik yang sesungguhnya benar-benar terlihat.
Ketenangan dan kejauhan dari hiruk pikuk kehidupan menjadikan pulau bokori  ini impian bagi para pengantin baru. Pasalnya penganti baru biasanya mencari tempat yang tenang namun indah dan susah dilupakan karena keindahan dan keunikan dari suatu tempat tersebut.
Ada dua cara yang bisa ditempuh untuk sampai ke Pulau Bokori. Pertama, menggunakan transportasi laut dari Pelabuhan Kendari langsung ke pulau ini. Kedua menggunakan transportasi darat dari  Kendari menuju perkampungan Suku Bajo. Dari pusat kota hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai di perkampungan Suku Bajo. Di sini banyak penduduk setempat yang menyediakan jasa antar ke Pulau Bokori. Tarifnya pun terbilang murah meriah. Cukup dengan merogoh kocek Rp 30.000 per orang, Anda sudah mendapatkan layanan antar jemput.
Untuk menapai tempat ini kita bisa start dari kendari dan bisa dilanjutkan dengan perjalanan sepeda motor sampe perkampungan suku bajo kecamatan soropia, lalu bisa dilanjutkan dengan  menyebrang ke pulau bokori.Penyebrangan ke pulau bokori ini dapat di ambil dari desa mekar, desa bajo atau pun desa bokori, dan tak perlu khawatir bakal kehabisan kapal karena memang banyak nelayan yang siap mengantar kamu ke Pulau ini.
Sebelum kita ke pulau bokori kita bisa mampir dulu ke panorama yang tak kalah indahnya yaitu puncak ilalang. Dari puncak ini kamu bisa menyaksikan sebuah pemandangan yang indah, melihat dari kejauhan pulau bokori serta pemandangan desa bajo (masyarakat yang hidupnya lebih senang berdiam di atas air). Ke depan kemungkinan tempat ini bakal ramai di kunjungi orang, dan kita nggak tau beberapa tahun ke depan lagi bakal ada resortvilla atau hotel yang akan di bangun di sini mengingat pemandangan dari puncak nya memang sangat memanjakan mata, dan satu lagi menurut saya tempat ini bisa di jadikan sebagai tempat foto pre-wedding menarik loh.
Pemandangan rumah-rumah terapung suku bajo, bentuknya unik, dan berbeda dengan rumah pada umumnya, jika kebanyakan orang suka membuat rumah di darat lain hal nya dengan orang bajo, kedekatan mereka dengan laut membuat kehidupan mereka tidak bisa dipisahkan dengan laut seperti sebuah negeri diatas air.
Salah satu daya tarik Pulau Bokori adalah pasirnya yang putih. Airnyapun sangat jernih dan tidak mudah keruh. Birunya laut lepas yang terpampang jelas di depan mata menjadi pemandangan tersendiri yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi jika laut dalam kondisi tenang. Dengan gulungan ombak yang tidak terlalu tinggi, Pulau Bokori menjadi tempat ideal untuk berenang dengan bebas dan sepuas hati.
Namun, jika ingin berenang lebih jauh ke tengah laut sebaiknya berhati-hati agar tidak menginjak bulu babi.Jika Anda memiliki hobi memancing, tidak ada salahnya menyewa perahu nelayan dan memancing di sekitar pulau. Atau hanya sekedar mendayung sambil mengitari pulau.

Meski ditumbuhi pohon kelapa yang berjejer rapi, udara di Pulau Bokori pada siang hari sangat panas. Hal ini dikarenakan kurangnya pohon pelindung. Walau begitu, hal ini tidak akan mengurangi keeksotisan pemandangan di pulau tersebut. Angin sepoi-sepoi akan senantiasa menyapa wajah dan tubuh Anda. Bagi Anda penyuka selfie, jangan lewatkan berpose dengan latar Pulau Bokori ataupun laut lepas yang membiru.
Dahulu pulau bokori ini hampir hilang. Pulau Bokori dulunya adalah perkampungan bagi Suku Bajo. Seiring bertambahnya penduduk di sana, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara pada pertengahan tahun 80-an di bawah pemerintahan Gubernur Alala mulai memindahkan penduduk pulau tersebut ke daratan.
Kini penduduk “bekas” Pulau Bokori telah berkembang dan mendiami lima desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Soropia yaitu Desa Leppe, Desa Bajo Indah, Desa Mekar, Desa Bajoe dan Desa Bokori.
Pemindahan tersebut bukan tanpa halangan. Sebagian besar penduduk menolak untuk dipindahkan karena merasa telah memiliki keterikatan dengan pulau itu.
Sebelum “terlantar”, Pulau Bokori sebenarnya sudah lama berkembang menjadi obyek wisata di Sultra. Diera pemerintahan La Ode Kaimoeddin, pulau ini sempat berjaya sebagai salah satu obyek wisata bahari andalan bumi Anoa, julukan bagi lain Sulawesi Tenggara.
Berbagai pohon tumbuh di Pulau Bokori. Pemerintah juga membangun puluhan cottage di sepanjang bibir pantai. Bahkan rumah permanen  berlantai dua berdiri kokoh di sini. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai rumah jabatan (Rujab) gubernur.
Sejak saat itu pula, gema Pulau Bokori tak terdengar lagi. Seiring berjalannya waktu namanya kian tenggelam. Apalagi setelah Pemerintah Kabupaten Konawe membuka objek wisata Pantai Toronipa.
Setelah sekian lama terbengkalai, Pemprov Sultra di bawah komando Nur Alam ingin kembali menjadikan Pulau Bokori sebagai destinasi  wisata andalan Sultra. Tak tanggung-tanggung, pulau itu akan disulap menjadi objek wisata Internasional sekelas Moldova dan Karibia. Hiburan, bisnis dan aktivitas-aktivitas pemerintahan bisa dilakukan disatu tempat.
Karena itu berbagai perubahan terus dilakukan. Istilahnya didandani agar pulau ini cantik seperti sediakala. Cottage mulai dibangun kembali. Begitu pun dengan akses jalan setapak. Pasirnya mulai ditimbun. Kolam buatan juga tengah dalam tahap pengerjaan. Air tawar dan akses listrik ke pulau ini juga tengah dirancang.
Sebagai langkah awal memperkenalkan kemolekan pulau ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara secara resmi meluncurkan Festival Bokori setiap tahunnya di Hotel Grand Clarion Kendari. 
Festival Bokori ini akan dijadikan momentum untuk memperkenalkan Pulau Bokori lebih luas lagi, tak hanya kepada wisatawan lokal  namun juga kepada wisatawan mancanegara.
“Selama ini Pulau Bokori memang hampir tenggelam dan kita kembali membangunnya. Banyak hal yang bisa kita dapatkan di sana yang berbeda dengan wisata pulau lainnya,” kata Nur Alam.
Pemerintah provinsi kini terus berupaya melengkapi sarana dan prasana pendukung sehingga tidak akan mengecewakan wisatawan yang akan berkunjung ke pulau itu. Nur Alam juga optimis Pulau Bokori akan mampu bersaing dengan destinasi wisata berlevel internasional lainya di Sultra, salah
Sebuah tempat yang indah jika tak di lengkapi dengan fasilitas yang lengkap tentu tidak akan memberikan kenyamanan, maksud hati mau melepaskan penat malah jadi repot karena keterbatasn fasilitasnya itu. Seperti inilah yang mungkin coba dikembangkan di pulau ini, pulau yang kecil ini kini telah di lengkapi dengan sebuah dermaga sebagai tempat bersandarnya kapal-kapal dan tentu juga fasilitas lainnya seperti cottage (villa) dan air bersih yang dapat di sewa.

Tips Jalan-jalan Ke Pulau Bokori

  1. Kalau cuaca sedang cerah-cerah sebaiknya berangkatnya agak siangan aja kemungkinan besar kamu bakal dapat sunset yang keren
  2. Harga sewa Kapal lebih murah jika kamu rombongan
  3. Kalau mau nginap monggo, Pulau Bokori sudah lengkap fasilitas cottage nya
  4. Jangan lupa membawa sunblock karena disana udaranya sangat panas
Keindahan dan ketenangan yang ditawarkan pulan bokori menjadikan pulau ini impian bagi para pengantin baru (honey moon) . Dengan suasana yang tenang serta indah menjadikan Bulan madu (honey moon) Anda lebih berkesan.
Pulau Bokori merupakan destinasi wisata yang lagi ngehits di tahun 2018 dan akan lebih populer lagi ditahun tahun berikutnya.
Previous Post
Next Post
Related Posts

2 comments:

  1. pulau yang idaman yang sangat indah sejuk dipandang mata, wisata favorit di sultra semakin beken

    ReplyDelete
  2. Pemandangan rumah-rumah terapung suku bajo, bentuknya unik, dan berbeda dengan rumah pada umumnya menjadikan pulau bokori merupakan tempat yang sangat di rekomendasikan untuk di kunjungi.

    ReplyDelete