Tuesday, March 20, 2018

Destinasi Wisata Punthuk Mongkrong Negeri Atas Awan Pada Jembatan V Giri Tengah Magelang

Destinasi Wisata Punthuk Mongkrong Negeri Atas Awan Pada Jembatan V Giri Tengah Magelang



Punthuk Mongkrong, Adalah destinasi wisata alam di Magelang yang memiliki pemandangan yang sangat indah dan begitu menakjubkan, sebuah bukit yang memiliki ketinggian sekitar 624 Mdpl dilengkapi dengan jembatan berbentuk V, hampir mirip dan serupa dengan Punthuk Setumbu, Punthuk Mongkrong juga menawarkan pemandangan alam Magelang dengan gunung-gunung menjadi background utama dan awan menjadi hamparannya.

Punthuk Mongkrong terkenal dengan Sunrise dan Sunsite atau keindahan matahari terbit dan terbenamnya matahari, moment tersebut yang menjadi keunggulan wisata ini karena pada pagi dan sore hari tempat ini selalu ramai menyaksikan sunrise dan sunset

Makna  Nama Punthuk Mongkrong


Punthuk sendiri memiliki arti tanah yang mawur, tidak padat, dan tak bisa diurai layaknya pasir, sekitarnya tidak ditumbuhi rumput atau pohon. Alasan inilah yang menjadi penamaan Punthuk Mongkrong.

Pada puncak Punthuk Mongkrong juga terdapat sebuah jembatan yang terbuat dari bambu, jembatan tersebut membentuk huruf V dan menjorok ke jurang, lokasi inilah yang menjadi spot foto paling favorit bagi wisatawan, mereka mengambil beberapa gambar untuk diabadikan mengambil engel terbaik di sudut jembatan V.

Yang perlu diperhatikan karena jembatannya terbuat dari bambu, maka hanya dua orang maksimal untuk menuju jembatan V, kita harus antri bergantian dengan wisatawan lainnya untuk mengambil foto di tempat ini. 

Fajar dan Senja Alasan Keistimewaan Tempat Ini


Punthuk Mongkrong jadi lokasi yang strategis untuk melihat keindahan sunrise dan sunset. Maka tidak heran banyak orang yang datang pada saat sunrise (matahari terbit) dan sunset (matahari terbenam). Biasanya dalam pengambilan foto selfie waktu yang sangat tepat saat terbit dan terbenamnya matahari agar tambah maksimal.
Fasilitas : Gardu Pandang Tempat Parkir Warung Makan Tempat Istirahat Toilet Spot Foto
Harga Tiket Masuk Punthuk Mongkrong Magelang : Rp. 3.000/orang Rp. 2.000 untuk parkir motor 
Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah pada saat sebelum sunrise dan sore hari untuk melihat sunset. Disarankan untuk menggunakan kendaraan bermotor atau roda dua karena jalan menuju Punthuk mongkrong agak sempit hanya cukup untuk roda dua, jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan serta ikut menjaga dan melestarikannya.

Hati hati ketika berada di puncak jaga keselamatan diri kalian, karena puncak Punthuk Mongkrong cukup sempit, datanglah sebelum shubuh, kamu bisa sholat shubuh di perjalanan agar kamu tidak terlambat melihat cantiknya sunrise Punthuk Mongkrong. 

Jalur dan Lokasi menuju Punthuk Mongkrong



Alamat ; Dusun Kedu, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 22 Km dari pusat Kota Magelang melalui Jl. Magelang – Yogyakarta (40 menit) (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)

Untuk ke sini, kamu bisa mengambil jalur sebelah selatan dari Candi Borobudur yaitu dengan menyusuri Jalan Badrawati, lurus terus sampai menemukan perempatan Seganan (Desa Tuksongo) lalu belok ke kanann ikuti petunjuk jalan menuju Punthuk Mongkrong.

Jalur menuju Puntuk Mongkrong sangat mudah dan tidaklah sulit, jalannya pun sudah beraspal dan sudah bagus bisa dilalui dengan sepeda motor, karena jalannya yang tidak terlalu luas sehingga hanya memungkinkan kendaraan roda dua saja yang bisa masuk, kendaraan roda empat harus diparkir di tempat yang agak jauh dari pos pendakian punthuk. 

Dari tempat parkir kita masih harus berjalan kaki menuju puncak Punthuk Mongkrong, dalam beberapa menit kita akan tiba di puncak Punthuk Mongkrong dan kita akan disambut dengan pemandangan alam yang sangat mempesona, datanglah sebelum matahari terbit untuk melihat pemandangan alam pegunungan yang diselimuti kabut bak lautan kabut (bromo). 


Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: