Monday, February 19, 2018

Mengintip Kejayaan Kerajaan Hindu Kediri di 3 Situs Sejarah Berikut Ini

Kediri merupakan salah satu kota di Indonesia yang lekat dengan ragam budaya dan kekayaan sejarahnya. Dulu, kota yang terkenal dengan aneka olahan tahunya ini menjadi wilayah penting pada masa kejayaan Kerajaan Singosari. Bahkan pada masa perebutan kemerdekaan Indonesia, Kediri menjadi salah satu titik rute pergerakan gerilya yang dipimpin Jenderal Sudirman.
(sumber : idsejarah.net)


Hingga saat ini, sisa-sisa kejayaan dan perjuangan masa lampau masih dapat ditemukan di seluruh penjuru Kediri. Hal ini tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh para pencinta sejarah yang berkesempatan mengunjungi Kediri. Pokoknya, jangan sampai melewatkan 3 destinasi wisata sejarah berikut saat bertandang ke Kota Tahu Kediri.

1. Candi Surawana

Situs bersejarah pertama yang wajib dimasukkan ke dalam daftar kunjungan Anda adalah Candi Surawana. Bernama asli Wishnubhawanaputra, candi satu ini menyimpan kisah-kisah kepahlawanan yang terdapat pada setiap ukiran reliefnya. Meski ukurannya relatif kecil, yakni 8x8 meter persegi, Candi Surawana tetap menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, bangunan candi yang terletak di Desa Canggu, Kecamatan Pare ini memiliki relief yang menggambarkan kisah epos Sri Tanjung, Arjunawiwaha, dan Tantri. Jadi, buat Anda yang menyukai kisah-kisah para raja terdahulu, Candi Surawana bisa memperkaya pengetahuan Anda tentang sejarah kerajaan Hindu masa silam.

2. Museum Airlangga

Museum Airlangga merupakan tempat yang tepat bagi Anda yang ingin melihat berbagai koleksi sejarah peninggalan Kerajaan Kediri. Awalnya, museum satu ini berdiri di kawasan Pemandian Tirtoyoso yang lokasinya tidak jauh dengan Stadion Brawijaya. Akhirnya, pada tahun 1990, Museum Airlangga dipindahkan ke wilayah Gua Selomangleng.

Jika dilihat dari luar, bangunan Museum Airlangga tampak mungil dan sederhana. Namun, di dalamnya tersimpan ratusan koleksi arca Kerajaan Mataram Hindu. Salah satu koleksi utama Museum Airlangga adalah arca Dewa Siwa yang ditempatkan di ruang utama candi. Kalamakara, tembikar, guci kuno, hingga fragmen relief dapat Anda lihat di ruang pameran Museum Airlangga.

Museum Airlangga dibuka setiap hari, kecuali Jumat mulai pukul 08:00-14:00. Harga tiket masuknya murah meriah. Pengunjung dewasa hanya diwajibkan membayar Rp1.000 dan Rp500 untuk pengunjung anak-anak.

3. Situs Setono Gedong

Setono Gedong merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Kediri abad ke-12 yang terletak di Jalan Doho, Kediri. Situs ini juga merupakan makam guru Sri Maharaja Mapanji atau yang lebih dikenal dengan nama Joyoboyo. Situs sejarah seluas tiga hektare ini memiliki pendopo besar yang memiliki pondasi batu yang konon dulunya merupakan candi. Di sekitar pendopo tersebut juga dapat ditemukan gapura batu raksasa yang dianggap sebagai gerbang menuju candi pada masa lampau.

Sisa batu candi dan relief juga banyak ditemukan di seluruh kompleks Setono Gedong. Bahkan, di dekat kompleks situs bersejarah ini juga terdapat sumur tua yang dulu digunakan sebagai tempat bersuci oleh orang-orang yang hendak memasuki candi.

Bagaimana, tertarik mengunjungi tiga situs bersejarah di atas? Segera rencanakan perjalanan wisata Anda ke Kediri sekarang juga. Satu hal yang tidak boleh dilewatkan dalam merencanakan perjalanan wisata adalah penginapan.

Jangan khawatir, Anda dapat memilih Airy sebagai alternatif hotel murah di Kediri yang tidak hanya menawarkan tarif terjangkau, tapi juga memiliki jaminan fasilitas lengkap untuk memanjakan para pengunjung.



Apa saja sih yang akan Anda nikmati saat bermalam di penginapan dengan jaringan hotel terbesar di Indonesia ini? Ada setidaknya tujuh jaminan fasilitas yang meliputi tempat tidur bersih yang super nyaman, air mineral gratis, penyejuk ruangan, internet nirkabel, TV layar datar, perlengkapan mandi, hingga kamar mandi dengan pancuran air hangat.

Langsung saja kunjungi website atau aplikasinya untuk melakukan booking kamar. Pembayarannya pun mudah dan praktis, cukup dengan transfer uang lewat ATM atau kartu kredit, Anda sudah bisa langsung check-in di hotel pilihan.


Jadi, tunggu apa lagi? Ajak teman-teman Anda menjelajahi sejarah Kediri sekarang juga.
Previous Post
Next Post
Related Posts

1 comment:

  1. Mantap gan, skerang ga usah repot kalau mau berkunjung ke Candi Surawana, Museum Airlangga dan Situs Setono Gedong karena fasilitas yang disajikan airy.

    ReplyDelete