Tuesday, May 23, 2017

Wana Wisata : Arti Kata


Arti Kata: Wana Wisata

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) wanawisata/wa·na·wi·sa·ta/ n wisata yang tujuan atau sasarannya adalah hutan, yang dikutip di http://kbbi.web.id/wanawisata

Menurut   Keputusan   Menteri   Kehutanan RI  No: 687/Kpts II/ 1989 Bab I Ketentuan Umum, Pasal 1 ayat 1  : bahwa hutan wisata  adalah kawasan hutan  diperuntukkan secara khusus, dibina dan dipelihara guna kepentingan pariwisata dan wisata buru, yaitu hutan wisata yang memiliki keindahan alam dan ciri khas tersendiri sehingga dapat dimanfaatkan bagi kepentingan rekreasi dan budaya disebut Taman Wisata.

Wana wisata  adalah obyek-obyek wisata  alam yang dibangun dan dikembangkan oleh Perum Perhutani di dalam kawasan hutan produksi atau hutan lindung secara terbatas dengan tidak mengubah fungsi pokoknya (Anonimous, 1989). Seperti yang di kutip di http://aminpulautidungseribu.blogspot.co.id/2012/11/hutan-wisata-dan-wana-wisata.html

Wanawisata adalah sebuah tempat wisata alam dan buatan yang ada di daerah tertentu yang di pelihara dan dirawat secara khusus untuk kepentingan budaya dan pariwisata sehingga bermanfaat bagi para pengunjung wisata.

Wanawisata juga merupakan objek wisata yang dikembangkan dan dibangun untuk meningkatkan dan menarik pengunjung sebanyak mungkin dan tidak merubah fungsi dari objek wisata tersebut.

Objek wisata ini ada yang alami dari alam yang dikembangkan dan dilestarikan seperti hutan, perhutani dan savana, ada juga objek wisata buatan yang di bangun secara khusus untuk memikat hati para pengunjung seperti museum, 3D ART, wahana permainan, taman dan pemandian dan lain sebagainya.

Di indonesia ada banyak objek wisata alam seperti gunung bromo, mahameru, padang savana baluran, kawah ijen, gunung rinjani, pantai kuta dan lain sebagainya.

Sedangkan objek wisata buatan juga tersebar di berbagai daerah, di jakarta ada TMII di Lamongan ada WBL dan di malang ada Jatim Park dan di Bali ada Museum 3D ART dan lain sebagainya dan masih banyak yang tidak bisa kami sebutkan satu-persatu.

Wisata ini sangat menguntungkan untuk pemasukan dan sebagai omset dan investasi bagi daerah masing-masing dan juga meningkatkan pendapatan dan perekonomian bagi daerah dan penduduk sekitarnya.

Dengan adanya wisata juga membuka lapangan pekerjaan yang banyak dan mengurangi angka penganguran di daerah tersebut.


Previous Post
Next Post
Related Posts