Thursday, March 9, 2017

Alpukat dan segudang manfaat


Alpukat dan segudang manfaat

Holaa Sahabat Gema~ Kali ini Gema Siswa akan mengajak kalian smeua untuk bersama-sama mengulik 'si hijau' ini. Yap, Alpukat! Pasti sudah tahu dong buah alpukat?? Buah yang dalam bhs.inggris di sebut Avocado ini ternyata mengandung banyak manfaat lho. Karena mengandung lebih dari 25 nutrisi penting, termasuk vitamin A, B, C, E, dan K, copper, zatbesi, phosporus, magnesium, dan kalium. Nah, bahkan Sobat Gema perlu makan dua atau tiga buah pisang untuk mendapatkan kandungan kalium dalam satu buah alpukat! Alpukat juga mengandung serat yang bermanfaat, protein seperti beta-sitosterol, glutathione dan lutein, yang membantu melindungi terhadap berbagai penyakit. Bukan hanya itu, alpukat ternyata juga merupakan salah satu buah yang berkalori tinggi.


Apakah Sahabat Gema tahu kalau alpukat itu banyak sekali manfaatnya? Untuk lebih detail-nya, baca terus sampai bawah ya~

Berikut ini adalah Kandungan Gizi Tiap 100 Gram Buah Alpukat Segar, diantaranya :

Kandungan zat gizi           Jumlah
Ø Kalori                               85,00 kal
Ø Protein                              0,90 g
Ø Lemak                              6,50 g
Ø Karbohidrat                      7,70 g
Ø Kalsium (Ca)                   10,00 mg
Ø Fosfor (P)                        20,00 mg
Ø ZatBesi (Fe)                   0,90 mg
Ø Vitamin A                       180,00 S.I.
Ø Vitamin B1                     0,05 mg
Ø Vitamin C                      13,00 mg
Ø Air                                   84,30 mg
Ø Serat                                1,40 g

Selain mempunyai gizi yang cukup untuk kebutuhan tubuh kita, ternyata alpukat mempunyai banyak manfaat lain untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan lho. Mau tahu apa saja manfaat alpukat untuk kesehatan? Nah di bawah ini adalah  7 manfaat buah alpukat untuk kesehatan versi Gema Siswa ^_^

Mencegah resiko penyakit stroke
Kandungan Asam Folat dalam buah Alpukat ini berpotensi mencegah resiko penyakit stroke. Caranya cukup dengan makan satu buah alpukat dalam sehari secara rutin dan teratur.

Menangkal radikal bebas

Kandungan Vitamin E, C atupun flavonoid akan menagkal radikal bebas. Sedangkan radikal bebas itu sendiri adalah penyebab utama timbulnya penyakit kanker. Konsumsi saja setiap hari secara rutin.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang terkandung dalam buah alpukat  berperan dalam melindungi mata dari degenerasi katarak dan macula (bebrapa penyakit mata).

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan asam folat yang tinggi dalam buah alpukat akan menjaga kesehatan jantung.dan Satu gelas alpukat mengandung sekitar 23% dari total asam folat yang dibutuhkan tubuh.

Meringankan Sakit Maag

Kalau terkena sakit maag ringan makanlah sari biji buah alpukat. Karena sari biji buah ini bisa mengobati penyakit maag yang menyerang.

Menurunkan Kolesterol

Alpukat juga mengandung kandungan beta-sitosterol yang cukup tinggi, dan senyawa ini telah terbukti ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Mengobati mata bengkak.

Pernah mengalami mata bengkak kan? Caranya,  Ambil buah alpukat, kemudian potong menjadi beberapa bagian kecil berbentuk bulan sabit.Kemudian, sambil berbaring, tempatkan beberapa potong di bagian bawah mata, dan diamkan selama 20 menit.lalu bilas dengan air bersih.
Selain untuk kesehatan, Alpukat juga bisa untuk kecantikan lho! Ini dia :

Untuk masker wajah

Alpukat ternyata juga dapat dipakai untuk masker wajah loch, Caranya Potonglah buah alpukat menjadi dua bagian.Kemudian blender 1/2 bagian, tambahkan madu sebanyak 1/4 cangkir.Ratakan pada wajah.dan Biarkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Cara ini sangat cocok untuk kulit yang kering.

Rambut lembut dan bersinar.

Caranya, campurkan sepotong alpukat (untuk 1/2 rambut pendek), sebutir kuning telur, 1/2 sendok teh minyak zaitun. Ratakan pada rambut dan biarkan selama 30 menit atau lebih. Kemudian bersihkan dengan shampoo dan conditioner seperti biasa.

Sudah tertarik belum dengan buah alpukat yang penuh dan banyak manfaatnya ini?
Semoga manfaat buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan versi gemsis di atas dapat berguna dan dapat bermanfaat ya bagi sahabat gema semua! Dan jangan bosan deh buat mengonsumsi buah alpukat. Karena di dalam buah alpukat terdapat banyak gizi yang sangat-sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita!
[San_Crize]
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: