Thursday, January 26, 2017

SCOUTING di Pantai Tamporah


SCOUTING di Pantai Tamporah - Probolinggo

Tepat di hari Sabtu pada tanggal 23 Nopember 2013 lalu bersiaplah para anggota 15.015 – 15.016 Ambalan Joko Tole – Putri Koening untuk berkemas dan siap lepas landas menuju bumi perkemahan. Pukul 15.00 WIB kami meluncur menuju lokasi dengan menumpangi kendaraan Full AC yang super luar biasa (TRUK....hehehehe).

Singkat cerita kami pun sampai di kilo meter 0,5 dari lokasi. Barang siap dipikul,semangat siap dibakar, suasana makin menderu hangat penuh kekeluargaan. Kami telusuri si bukit-bukit indah menuju alam lepas pantai penuh ombak semangat bagi anggota kami. Itulah tempat asyik penuh cerita “Pantai Tamporah” Banyuglugur – Situbondo.

Sambil menikmati lepas penat dan usai mendirikan tenda, kami beranjak menyicipi asinnya air laut untuk bersuci (berwudlu') untuk melengkapi sholat 5 waktu. Penat hilang, dan seketika semangat kembali membara kami mengadakan apel pembukaan persami pelantikan anggota baru ambalan SMKN 1 Kraksaan. Dengan dilanjutkan sedikit perbincangan seru yang dikendarai oleh KETOS kita (Kak Deni Sumarlin).

Selesai dinner kami melanjutkan program kami, yakni tradisi orang-orang pramuka pastinya API UNGGUN, beserta suguhan lezat Drama Seri Ala SCOUT yang penuh kocak dan tidak kalah juga dalam beradu akting. Pukul 22.00 WIB bersaut, badan kami pun juga bersaut untuk diistirahatkan. Selamat datang di acara jelajah malam tanpa sadar (tidur nyenyakkkk).

Sampai pukul 03.00 pagi di hari yang baru semua peserta dibangunkan untuk kegiatan selanjutkan yaitu prosesi pengujian kepramukaan serta uji mental untuk calon anggota baru ambalan kami. Rute yang penuh tantangan dan terjal melewati bukit yang penuh kelabu dengan ditemani sinar bulan dan suara-suara aneh dari hutan, gelap pun kami tak takut dingin dan kantuk begitu luar biasa namun semangat kami mengalahkan itu semua, itu adalah sebuah pengalaman baru bagi mereka yang akan menjalaninya. Siap dengan Tim Sukses Penguji kami yang terbagi menjadi empat pos dengan dua pos bayangan sebagai penjaga keamanan kegiatan. Tangis, tawa, nervouse, lucu, semua teraduk dalam kegiatan itu sampai usai di terbitnya matahari.

Kami sambut pagi dengan apel pagi dan sarapan. Muncul sedikit ide dari kami untuk menghilangkan kejenuhan. Saatnya mengarang dan membacakan puisi. Disinilah kami menemukan bakat-bakat baru bagi anggota baru ambalan. Sebuah inspirasi bagi mereka. Ini dia puisi karya mereka...

“ SIKAT GIGI”
“.....terdapat lilin di kamar Dengan gaya khas mereka menyampaikan puisi tersebut, penuh kehangatan dalam bersyair namun itu membuat kami tertawa lepas.
Saatnya penjelajahan pagi (jogging donkkk biar gak jenuh....!!) menaiki Bukit Tamporah sampai ke puncaknya dengan pemandangan yang menyegarkan mata. Melepas penat dengan bukit yang terjal dan disinari pagi yang cerah.

Siang pun menyapa kami, dan tibalah waktunya untuk melantik calon anggota baru. Sesuatu yang baru lagi bagi mereka yakni mengadakan pelantikan dan apel penutupan persami di kedalaman laut tamporah (rendem-rendeman bersama ikan-ikan yang imuttt). Kamera tersorot di laut lepas, siap mengabadikan gaya narsis mereka. Basah dan asin, kakipun kram dan penuh luka karena karang laut yang menghantarkan kami pulang dengan penuh cerita. Tenda terbongkar, suara pun sayup terdengar...sayonara kakak-kakak pramuka, semoga kami tak lelah  di bumi penjelajahan berikutnya.

(Yuni_Scout)
Previous Post
Next Post
Related Posts

1 comment: